Telepon : 08111099218
   

Bisnis Toko Frozen Food yang Menjanjikan

Posted 15-03-2024 by Marketing Komunikasi

Bisnis makanan beku atau frozen food semakin menjadi primadona di tengah gaya hidup modern. Dengan tingginya aktivitas masyarakat, frozen food menjadi pilihan praktis dan cepat untuk disajikan. Dorongan konsumen terhadap frozen food yang semakin meningkat, memberikan peluan besar bagi pelaku bisnis.

Tidak hanya sekadar membuka toko, menjalankan toko frozen food membutuhkan strategi yang baik. Agar dapat berhasil di industri frozen food, tentunya Jagoan Dingin harus memiliki inovasi baru yang berbeda dari toko-toko frozen food yang sudah ada sebelumnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat Jagoan Dingin persiapkan sebelum menjalankan usaha frozen food.

Persiapkan Modal

Merupakan hal yang paling utama bagi usaha apapun termasuk frozen food, Kamu dapat menyesuaikan modal usaha dengan budget yang Kamu miliki. Modal usaha ini tidak hanya mengenai produk frozen food yang akan dijual, namun juga alat atau mesin pendingin yang akan digunakan. Jagoan Dingin harus mempersiapkan beberapa jenis freezer untuk menyimpan dan memajang frozen food di toko, serta freezer untuk menyimpan stok produk. Freezer yang biasa digunakan pada toko frozen food yaitu curve glass freezer, showcase chiller, serta island freezer. Bagi Jagoan Dingin yang masih belum memiliki cukup modal untuk membeli freezer, Sadhana menawarkan penyewaan atau rental freezer melalui salah satu anak perusahaannya, SPS Rental Freezer.

Tentukan juga harga jual produk dengan melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai harga yang Kamu tentukan nantinya terlalu mahal ataupun terlalu murah di pasaran.

Tentukan Frozen Food yang Ingin Dijual

Langkah selanjutnya adalah tentukan frozen food apa saja yang akan dijual. Saat ini ada banyak sekali jenis frozen food yang beredar di pasaran. Sebagai pemula pada industri frozen food, usahakan untuk memilih frozen food yang paling banyak diminati di pasaran.

Frozen food yang paling banyak diminati ini tentunya akan selalu menjadi incaran banyak orang. Beberapa pilihan frozen food yang harus ada di tokomu yaitu nugget, sosis, kentang, sayuran beku, otak-otak, bakso, dan siomay.

Selain itu, Kamu juga dapat menambahkan variasi frozen food lain sebagai inovasi baru seperti nugget sayuran, nugget tempe ataupun tahu ikan untuk menjangkau kalangan vegetarian.

Mulailah dengan Menjadi Reseller

Sebagai pemula, ada baiknya memulai dengan menjadi reseller terlebih dahulu. Ambillah produk langsung dari distributor untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Hindari mengambil produk dari sesama reseller karena harga yang akan didapatkan akan lebih tinggi dari distributor.

Promosikan Produk

Tanpa promosi produkmu tidak akan diketahui oleh konsumen. Pelajari strategi promosi yang dapat Kamu lakukan pada produk yang Kamu jual. Promosi menggunakan sosial media menjadi salah satu cara optimal untuk mempromosikan produk saat ini.

Tidak hanya bagi pemula, promosi produk juga tetap harus gencar dilakukan bagi pengusaha frozen food besar agar tokonya tetap selalu diingat oleh konsumen. Promosi juga dapat dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, tetangga dan teman-teman sebagai cara promosi paling mudah tanpa modal yang besar.

Pastikan Kualitas dan Keamanan Produk Terjamin

Kualitas dan keamanan produk serta status halal merupakan hal yang sangat penting pada bisnis makanan. Lisensi BPOM menjadi hal paling utama terutama bagi produk makanan yang diawetkan seperti frozen food. Agar usahamu lebih matang dan terjamin serta memiliki hal kepemilikan yang jelas, Kamu juga dapat membuat PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

 

Dengan potensi pertumbuhan yang tinggi dan peluang inovasi yang melimpah, bisnis toko frozen food menawarkan prospek yang menarik bagi Kamu yang ingin memulai usaha. Ingin tahu lebih banyak mengenai tips lainnya? Follow Instagram kami di @sadhanasid untuk tips lainnya.